Malu tampil di depan umum ? Bangun Percaya Diri Kalian Dengan Tips Ini

15 Tips membangun rasa percaya diri saat tampil di depan umum




Jangan ngerasa citu di karenakan perasaan kurang PD yang kalian punya. Yang harus kalian lakukan sekarang cuma membangun rasa percaya diri kalian. Tapi emang percaya diri ga bisa dibangun secara instan kaya masak mie, kalian harus terus mencoba sampe perlahan membentuk kepribadian yang penuh dengan rasa percaya diri. Oleh karena itu silahkan kalian mengimpkementasikan beberapa tips berikut:



1. Lemparin Senyuman

Hal pertama yang bisa kalian lakukan buat ngatasin rasa gugup dan ga percaya diri adalah dengan cara lemparin senyuman ke orang - orang di hadapan Anda. Senyum ga cuma di lakukan apabila ada hal lucu maupun yang buat kalian ngerasa seneng, lebih dari itu, senyuman yang tulus bakal ngebut diri kalian ngerasa jauh lebih baik karna dapat nimbulin suasana positif.


2. Kontak Mata Lawan Bicara

Kasih tatapan yang menyapu ruangan sambil sesekali tatap mata semua orang yang ada ditempat tersebut sambil senyum. Senyuman balasan dari orang lain bisa numbuhin rasa percaya diri kalian dengan cepet. Cara ini juga berlaku pas lagi wawancara kerja. Jangan nundukin kepala pas lagi bicara atau dengan tatapan yang kosong.
Kontak mata dengan lawan bicara bakalan cepet ngilangin rasa takut dan bisa ngusir rasa tidak percaya diri kalian. Dengan kontak mata, kalian bakalan bebas dari rasa intimidasi maupun rasa stres yang dateng sekejap pas kalian bicara di depan publik.


3. Berpikir Positif

Kendaliin diri kalian dan berpikirlah positif serta bilang di dalam hati kalian kalo semuanya pasti bisa di laluin dengan mudah dan baik, bahkan badai dan banjir bandang sekalipun. Jadi buang rasa takut dan suara - suara negatif yang mengusik pikiran kalian.


4. Jadi diri sendiri

Untuk jadi hebat, Kalian ga perlu jadi orang laen. Tiap orang punya sifat dan pribadi yang unik dan beda - beda. Jadi berbeda itu adalah nilai plus kalian. Jadi diri sendiri yang tampil ada apanya, jangan di buat - buat, jangan berpura - pura namun tetep terkonsep dengan baik.


5. Tampil Rapih

Sebelum kalian tampil di depan umum/publik, cobalah buat sempetin waktu pergi ke toilet buat mastiin diri kalian tampil fresh dan rapih. Rapihin setelan baju kalian, rambut, sepatu dll. Penampilan yang rapih terbukti mampu ngebangkitin rasa percaya diri dengan cepet.


6. Awali dengan salam dan doa

Awali segala sesuatu dengan doa dan salam, termasuk pas kalian diharuskan buat tampil didepan umum. Berdoa merupakan tindakan yang positif yang bisa ngebantu kalian untuk melalui segala masalah, bahkan di saat situasi tersulit sekalipun.


7. Bicara Dengan Suara Jelas dan Terstruktur

Bicaralah dengan suara yang jelas dan terstruktur. Saat seseorang mampu berbicara dengan lantang dan jelas didepan umum, sesungguhnya dia ngedengerin "suara" yang ada di kepalan dulu baru kemudian dia sampein lewat mulut. Dengan demikian maka penyampaian ide, topik pembicaraan maupun pembahasan bakal tersusun dengan sistematis dan terstruktur dengan sendirinya. Coba bayangin kalo kalian bicara dulu baru mikir, apa yang kira-kira bakalan terjadi ?


8. Jangan Takut Salah dan Mencoba

Kesalahan merupakan hal yang lazim dialami tiap manusia. Ga ada manusia yang sempurna yang benar - benar luput dari kesalahan. Saat Anda tampil di depan umum, cobalah buat meminimalisir membuat kesalahan. Namun kalo terjadi sebuah kesalahan, tetep kendalikan diri kalian dan cepet kalian ralat, kemudian alihin topik dan jangan fokus pada kesalahan yang barusan kalian buat.


9. Atur Nafas

Seringkali orang yang gugup berbicara dengan intonasi suara yang bergetar, naik turun dan kurang jelas. Nah, buat mengantisipasi hal ini, cobalah untuk mengatur nafas kalian. Jangan berbicara dengan kalimat yang terlalu panjang karena akan menghabiskan nafas kalian. Atur nafas dan bicaralah dengan perlahan namun jelas. Potong-potonglah kalimat yang bakal di ucapin dengan penggalan kalimat yang masih bisa di cerna dan di mengerti sama audience.


10. Kenalin rasa ketidaknyamanan yang kalian rasain saat ini dan buang rasa yang buat kalian ga nyaman itu.



11. Gali kemampuan yang kalian miliki



12. Biasain buat ngelatih mental kalian, terutama dalam berbicara dan berpendapat.



13. Pengetahuan yang luas dengan sendirinya mampu buat ningkatin rasa percaya diri kalian



14. Saat pertama kali dilakukan bakalan ngerasa sulit, tapi kesulitan itu yang bakalan ngebuat kalian lebih percaya diri. 



15. Ga nyoba buat diem di tempat karna tindakan yang kalian lakuin merupakan solusi yang tepat buat ngatasin percaya diri kalian.


Related Posts:

0 Response to "Malu tampil di depan umum ? Bangun Percaya Diri Kalian Dengan Tips Ini"

Posting Komentar