Mau Hidup Sehat ? Ikutin Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

14 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW


Pola gaya hidup sehat sebenernya udah tertuntun sejak adanya Nabi Muhammad SAW dan turunnya kitab Suci Al-qur’an. Jadi kemudian banyak cendikia muslim sama ilmuwan muslim yang melakukan penelitian kesehatan dengan ngikutin cara hidup sehat ala Rasulullah SAW.


Solat

Rasulullah SAW selalu mendirikan sholat di awal waktu dan berjamaah + sholat sunnah. Ibadah wajib buat seluruh mukmin bahkan dalam keadaan sakit. Ibadah ini bisa ngejaga kesehatan jiwa dan raga.


Duduk Saat Makan Dan Minum

Pas lagi makan atau minum, Rasulullah SAW selalu duduk. Pas seseorang duduk, secara medis itu ternyata rongga di dalem sistem pencernaan (perut) berbeda sama seseorang yang makan/minum dalam posisi berdiri. Rongga dalam sistem pencernaan jadi lebih terbuka sehingga pas makanan atau minuman ditelen maka sistem pencernaan tubuh udah siap buat nerima nya. Pas pencernaan makanan udah siap nerima maka ga ada paksaan agar sistem pencernaan tersebut bekerja secara keras. Berbeda kalo makan dan minum dilakukan secara posisi berdiri maka katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingganya pas makanan atau minuman dateng maka sistem pencernaan bakalan bekerja keras untuk mencernanya dan bila hal itu terus berlangsung lama - kelamaan sistem pencernaan jadi lemah dan kemudian menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan pada seseorang.


Rajin Melakukan Puasa

Dalam ngejalanin hidupnya, Rasulullah selalu melakukan Puasa Sunnah. Selain puasa Ramadhan umat muslim banyak yang melakukan puasa sunnah terutama di hari Senin dan Kamis. Bagi umat muslim, selain mendapatkan pahala ternyata secara medis pun puasa sangat berpengaruh penting bagi kesehatan fisik dan psikologis orang. Saat berpuasa kinerja organ tubuh bakal jadi lebih rileks dan tenang sehingga emosi lebih mudah terkontrol dan pikiran jauh dari stress.

Secara kesehatan fisik juga, puasa bakal mengontrol jumlah makanan dan minuman dalam tubuh jadi lebih teratur dan ga berlebih dengan demikian maka kinerja organ pencernaan pun bakal berjalan seimbang.

Adapun Puasa bisa ngobatin berbagai penyakit seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Asma dan saluran pernapasan
  • Jantung dan pengerasan arteri
  • Penyakit hati
  • Penyakit Kulit
  • Penyakit paru-paru
  • Mencegah kanker
Dalam dunia kedokteran, puasa juga dianggap sebagai senjata paling ampuh.


Rajin Olahraga

Rasulullah SAW merupakan sosok yang gemar berolahraga, beliau ga segan ngajak istrinya Aisyah RA dan juga menganjurkan anak-anak agar dilatih memanah, menunggang kuda dan berenang. Rasulullah juga melakukan berbagai jenis olahraga dan beliau terkenal sebagai jago gulat. Ini menunjukkan bahwa tubuh beliau ga cuma sehat, namun juga kuat. Beliau juga pernah berlomba lari dan memanah.


Makan Menggunakan Tangan Kanan

Biarpun semasa hidup Rasulullah Saw udah punya peralatan makan alami kayak bejana atau lainnya, tapi pas makan Rasulullah SAW selalu menggunakan tangan kanan dan hal ini jadi sunnah yang banyak di ikutin umat muslim. Perlu diketahui ternyata hasil penelitian medis, tangan kanan yang bergerak pada waktu makan syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif. Ini fungsinya buat ngelatih dan ngejaga otak kiri ngehasilin pikiran yang tetep fokus dan selalu aktif.


Keseimbangan Waktu Istirahat Tubuh

Secara medis, tubuh emang sangat di anjurin buat istirahat secara cukup. Tahukah kalian ternyata Rasulullah SAW telah menerapkan hal itu semasa hidupnya. Lalu bagaimana Rasulullah SAW melakukannya? Setiap hari Rasullah Saw membagi waktu dalam aktifitasnya dan tetep memberikan keseimbangan biar tubuh tercukupi dalam beristirahat. Nabi Muhammad SAW selalu ngebagi waktu jadi 3 bagian, dimana 1/3 waktunya digunain buat bekerja urusan dunia, kemudian 1/3 lagi digunain untuk urusan akhirat (beribadah) dan 1/3 terakhir digunain buat beristirahat. Dalam kajian medis tubuh membutuhkan waktu istirahat sebanyak 8 jam dalam sehari dan hal tersebut tentunya berasal dari 1/3 waktu beristirahat yang diterapin sama Rasulullah SAW dalam kesehariannya.


Selalu Bangun Sebelum Subuh

Rasul selalu ngajak ummatnya buat bangun sebelum subuh,

ngelaksanain sholat sunah dan sholat Fardhu,kemudian sholat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikmah yg mendalam antara lain :

  • Berlimpah pahala dari Allah swt
  • Kesegaran udara subuh yg bagus buat kesehatan
  • Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan (mood)


Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Selain mengkonsumsi makanan yang baik dan halal, Rasulullah SAW telah memberikan teladan buat hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti sebelum perut kenyang. Ini berarti seseorang diharuskan buat makan secara ga berlebihan. Secara medis hal ini ampuh dalam memelihara kesehatan organ pencernaan tubuh terutama lambung, dimana saat makanan dan minuman masuk secara berlebih maka organ perncernaan akan bekerja sangat keras buat mencerna itu semua hal ini justru bakalan melemahkan kinerja sistem pencernaan tubuh dan akan menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.


Sosialisasi atau Silaturahmi

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa para pria dengan usia diatas 70 tahun yang gemar bersosialalisasi kecil kemungkinan mengalami sakit jantung. Ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW, beliau memiliki banyak sahabat dan senantiasa bersilaturahmi dengan kerabatnya, insyaallah kalo kita terus ngejalin tali silaturahmi kita diberikan kesehatan dan panjang umur. aamiin


Tidak Pemarah

Rasulullah memberi nasehat “Jangan marah”, nasehat ini diulangi sampai 3 kali. Ini nunjukin kalo marah bisa bawa efek buruk bagi kesehatan. Orang pemarah terbukti sering ngalamin sakit seperti darah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit jantung dan depresi, dan terakhir cepet TUA hehehe. Ada terapi yang tepat untuk menahan amarah :

  • Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
  • Membaca Ta 'awwudz, karena marah itu dari Syaithon
  • Segeralah berwudhu
  • Sholat 2 Rokaat agar tenang dan ngilangin kegundahan hati

Habatussauda (jintan hitam)

Selain “gaya hidup” Rasulullah SAW yang sepenuhnya sehat, beliau juga menganjurkan buat rutin mengkonsumsi herbal, diantaranya habbatussauda (jintan hitam), kurma, madu dan berbekam kalo sakit.


Ngebersihin Gigi

Rasulullah SAW sangat Memperhatikan kesehatan gigi dan membersihkannya dengan menggunakan siwak (akar dari pohon salvadora persica). Waktu yang disarankan adalah sebelum sholat, sebelum tidur dan ketika bangun tidur.


Gak Pernah Iri Hati

Untuk ngejaga stabilitas hati & kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.


Optimis dan ga gampang Putus Asa

Sikap optimis bakalan ngasih dampak psikologis yang mendalam bagi

kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan kerja keras, serta

tawakal kepada Allah swt.


Ternyata buat hidup sehat ga sulit ya ? ga perlu ngeluarin banyak uang buat berobat atau beli vitamin. Cukup ikutin sunnah Rasulluloh SAW maka insyaallah hidup bakal sehat jasmani dan rohani



Sumber: 

Related Posts:

0 Response to "Mau Hidup Sehat ? Ikutin Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW"

Posting Komentar